Penting! Bagaimana Cara Mengembangkan Hard Skills dan Soft Skills untuk Siswa?

Hard skills dan soft skills merupakan kedua keterampilan yang nantinya akan sangat penting dan kamu butuhkan untuk masa depan. Hard skills adalah kemampuan khusus seseorang yang berkaitan dengan teknik atau metode. Sedangkan soft skills adalah kemampuan khusus seseorang yang berkaitan dengan kepribadian seseorang dalam berinteraksi dan bersikap di lingkungan. Biar makin paham, yuk kita pelajari tentang soft skills dan hard skills, berikut dengan cara mengembangkannya. 

Hard Skills

Sumber gambar: pixabay.com
  Hard skills merupakan kemampuan yang berkaitan dengan teknik ataupun metode, seperti teknologi komputer, analisis data, marketing, dan kemampuan lainnya.  Terus gimana nih cara meningkatkan hard skill?  
  1. Praktikkan Secara Teratur
  Cara pertama dalam meningkatkan kemampuan ini yaitu dengan mempraktekkannya secara teratur dan konsisten. Semakin sering berlatih, maka akan semakin berkembang kemampuannya dari waktu ke waktu.   
  1. Mengejar Ilmunya di Pendidikan Tinggi
  Apabila kamu memiliki satu kemampuan dan jenisnya hard skills, kamu bisa mengembangkannya sampai di perguruan tinggi. Contoh, kamu adalah seseorang yang ahli dibidang mesin. Kamu bisa menempuh pendidikan teknik mesin di perguruan tinggi nanti.   
  1. Mengikuti Kursus 
  Untuk terus memperdalam hard skills, kamu bisa mengikuti kursus, baik offline maupun online. Kursus merupakan kesempatan yang baik untuk mengasah hard skills.

  Soft Skill
Sumber gambar: pixabay.com
  Apabila hard skills identik dengan sebuah teknik atau metode, lain halnya dengan soft skills. Soft skills itu tak berwujud, jadi sifatnya tidak dapat diukur. Tetapi, memberikan pengaruh dalam beradaptasi di lingkungan kerja. Contoh dari soft skills itu sendiri adalah attitude, komunikasi, etos kerja, teamwork, leadership, manajemen waktu, dan lain sebagainya.  Berikut adalah beberapa cara untuk melatih atau meningkatkan soft skills itu.   
  1. Perbanyak Interaksi dengan Orang Lain
  Apabila kamu banyak berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kamu akan mulai memahami sikap maupun perilaku orang lain dan ini merupakan salah satu kemampuan.   
  1. Mengikuti Pembelajaran
  Hard skill dan soft skill bisa didapatkan ketika kita duduk dibangku sekolah, mulai dari SD sampai dengan SMA. Tetapi, belajar bisa dilakukan di mana saja, dan didapatkan darimana saja. Kemampuan dan keterampilan juga dapat diperoleh dari pembelajaran nonformal, seperti mengikuti webinar public speaking, pelatihan coding, pelatihan bahasa asing, dan sebagainya  
  1. Fokus pada Keterampilan yang Ingin Dikuasai
  Setelah mengikuti beberapa kegiatan dan pengalaman, kamu akan mampu menyadari soft skills apa yang kamu bisa dan harus ditingkatkan. Dengan menyadari hal tersebut, kamu bisa secara aktif melatih diri sendiri atau menggunakan bantuan jasa professional. 

  Gimana? Udah ngerti belum nih tentang hard skill dan soft skill? Di masa – masa sekolah, kamu pasti sudah mendapatkan kedua kemampuan tersebut, hanya terkadang sebagai manusia, belum bisa menyadarinya. 

  Tapi, ketika nanti kamu sudah memasuki dunia kerja, kamu akan mengerti dan menyadari hard skill serta soft skill kamu. Setelah itu, kamu pasti berkeinginan untuk terus meningkatkan kemampuan kamu demi kepentingan masa depan kamu! Semoga kamu bisa menerapkan cara di atas dalam keseharian kamu ya.



  Referensi: 
  https://pahamify.com/artikel/mengembangkan-hard-skills-dan-soft-skills-untuk-siswa/

  https://glints.com/id/lowongan/hard-skill-adalah/#.YYSbHWBBxdg

  https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/4-cara-meningkatkan-soft-skill-yang-mudah-untuk-dilakukan

 
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *