Ini Beberapa Fakta tentang Televisi Republik Indonesia (TVRI) 

Ini Beberapa Fakta tentang Televisi Republik Indonesia (TVRI) 
Siapa disini yang nggak tau tentang Televisi Republik Indonesia atau biasa kita kenal dengan TVRI? Semuanya pasti tau ya. Nah, ternyata pada 24 Agustus, diperingati sebagai Hari Televisi Republik Indonesia atau hari jadi TVRI yang telah mewarnai industri pertelevisian Indonesia selama 59 tahun di 2021 ini. 

Kehadiran TVRI disiapkan dalam waktu kurang lebih sepuluh bulan. Kemudian, pembangunan tahap berikutnya di luar Jawa, meliputi Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Supaya bisa lebih mengenal tentang TVRI, Pak Sis kasih informasi nih tentang Televisi Republik Indonesia, simak yuk fakta – fakta berikut:

Televisi Pertama Indonesia
TVRI merupakan stasiun televisi paling pertama di Indonesia. Tayangan pertamanya adalah siaran percobaan HUT RI ke – 17 pada 17 Agustus 1962. Kemudian selanjutnya menayangkan Upacara Pembukaan Asian Games IV di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 24 Agustus 1962. 

Berubah menjadi Lembaga Penyiaran Publik
Sejak tahun 2005 hingga sekarang, TVRI berubah menjadi Lembaga Penyiaran Publik yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat. 

Mengalami Perubahan Logo sebanyak 7 Kali
Berbagai proses perubahan logo dipengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah dalam hal perubahan menuju Perseroan Terbatas. Makna Logo TVRI yang sekarang memberi kesan untuk menjadi World Class Public Broadcasting

Ada di Setiap Wilayah di Indonesia 
Nah siapa nih yang kalau lagi pulang kampung, suka nemu di TV, seperti TVRI Jawa Barat, TVRI Jawa Tengah? Yap! TVRI ada di wilayah – wilayah Indonesia dan khusus menayangkan di wilayah setempat. Misalnya, TVRI Jawa Barat akan menayangkan berita atau hiburan yang berhubungan dengan wilayah Jawa Barat. 

Konten dibawah Kendali Pemerintah Orde Baru 
Selama era 1980 – 1990an, tayangan – tayangan di TVRI berada dibawah Pemerintah Orba, karena TVRI pada saat itu merupakan satu – satunya televisi di Indonesia. Kemudian, di tahun 1991 TVRI berbagi frekuensi dan jam siaran dengan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) dan memberikan materi pelajaran serta pendidikan yang disampaikan lewat televisi. 

Wah, akhirnya dapet pengetahuan baru ya! Jadi, TVRI yang kamu suka tonton sudah ada dari jaman orangtua kita! Siaran televisi satu – satunya saat itu hanya TVRI, belum ada channel televisi sebanyak sekarang. Apalagi di saat pandemi ini, banyak penayangan pelajaran sekolah lewat TVRI di jam – jam tertentu sesuai jadwal. 

Selamat Ulang Tahun untuk TVRI ke – 59! Semoga selalu jaya dan menayangkan tayangan yang bermanfaat untuk seluruh Masyarakat Indonesia! 

  Referensi: 
https://kumparan.com/berita-hari-ini/sambut-hari-televisi-republik-indonesia-ini-4-fakta-menarik-tvri-1u3uu1yHrpL

https://kumparan.com/berita-hari-ini/sambut-hari-televisi-republik-indonesia-ini-4-fakta-menarik-tvri-1u3uu1yHrpL


  http://tvri.go.id/about

  http://p2k.itbu.ac.id/ind/2-3054-2950/Tvri_29978_itbu_tvri-itbu.html

  https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/lembaga/televisi-republik-indonesia

 
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *