Menghilangkan Bosan Saat Belajar?

Menghilangkan Bosan Saat Belajar?

Siapa yang sering mengantuk atau jadi nggak fokus pas lagi belajar? Padahal kamu harus mempelajari materi ujian atau mengerjakan tugas, tapi lihat buku pelajaran aja rasanya malas dan kamu jadi bosan belajar. Akhirnya belajar jadi nggak maksimal dan lupa dengan apa yang sudah dipelajari.

Bosan yang kamu alami dapat diatasi lho! Bisa dengan mengubah cara belajar yang cocok. Dengan gaya belajar dan hal-hal yang menarik perhatianmu agar jam belajarmu mempunyai variasi. Kamu dapat mendapat informasi dan ilmu dengan lebih efektif. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bosan.

Susun Tujuan Belajar

Kamu membutuhkan tujuan belajar untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Coba mulai buat tujuan sekecil apapun. Supaya ada yang memacu semangatmu ketika sedang belajar dan menjadi tidak mudah bosan. Misalkan, kamu butuh untuk mempelajari grammar di Bahasa Inggris, tontonlah film yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. 

Catat Setiap Hal yang Menurutmu Penting dan Menarik

Untuk menghilangkan kebosanan ketika belajar, kamu bisa membuat catatan dari hal yang penting dan menarik tentang apapun. Karena dengan adanya pencatatan, kamu akan teringat kenapa hal itu menarik, dan berulang kali membuka catatan itu.

Belajar Sambil Dipraktekkan

Kamu dapat mempraktekkan apa yang sedang kamu pelajari. Sebagai contoh, dengan belajar bahasa asing, kamu dapat langsung praktek lewat percakapan atau chat dengan temanmu, bahkan orang asing langsung. Dengan langsung mempraktekkan apa yang sedang kamu pelajari kamu dapat menghindari kebosanan karena berinteraksi langsung dengan apa yang kamu pelajari. 

Menggunakan Media Lain

Dengan menggunakan media lain, seperti video, lagu, dan, kartu belajar, kamu dapat memvariasikan caramu belajar dan menghafal. Ketika mencoba media lain pun kamu akan menemukan gaya belajar yang bisa diterapkan agar membuat waktu belajarmu lebih berkualitas.

Rasa bosan itu wajar, tetapi saat dalam keadaan genting, kamu harus bisa mengendalikannya. Waktu belajar yang efektif dan menjaga fokusmu untuk menyerap materi yang kamu pelajari, jadi nggak ketinggalan deh pelajaran di sekolah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bosan saat sedang belajar. Cara-cara ini dapat kamu coba terapkan untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik serta menyenangkan. Dengan memadukan keempat cara menghilangkan bosan ketika belajar dan mendapat pengetahuan lebih.

Mau tahu trik belajar lainnya? Ayo baca trik pomodoro

Sumber: 

https://www.idntimes.com/life/education/frederick/tips-simpel-agar-rasa-bosan-belajar-tidak-terus-muncul-c1c2?page=all

https://www.beautynesia.id/life/4-cara-belajar-biar-nggak-gampang-bosan-dan-cepat-paham-pelajar-wajib-tahu/b-257430

https://id.quora.com/Bagaimana-mengatasi-bosan-belajar

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/6-tips-mengatasi-rasa-bosan-di-kelas

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

wpChatIcon