Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Teknik Pomodoro

Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Teknik Pomodoro
Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, pembagian waktu untuk belajar dan mengerjakan hal lainnya itu sangat penting. Apalagi disaat kita harus belajar secara online dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekaligus, membuat kita menjadi tidak fokus dan bingung untuk mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Untuk membagi waktu kita agar seluruh pekerjaan terselesaikan dengan tuntas adalah jawabannya.

Salah satu teknik pembagian waktu adalah dengan menggunakan teknik pomodoro. Teknik pomodoro adalah filosofi manajemen waktu di mana kita harus fokus semaksimal mungkin dalam jangka waktu yang disediakan dan diselingi beberapa waktu istirahat sebentar supaya kita tetap fresh secara fisik dan mental.

Pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia dan mempunyai arti ‘tomat’. Ini disebabkan penemunya, Francesco Cirillo, pada saat kuliahnya di tahun 1980 mengalami kesulitan fokus dan konsentrasi ketika belajar. Ia terinspirasi dari timer berbentuk tomatnya yang ia gunakan di dapurnya untuk metode membagi-bagi waktu tersebut.

Berikut cara menerapkan teknik pomodoro:

Siapkan Tugas yang Ingin Dikerjakan
Sebelum menggunakan teknik ini, kita harus menyiapkan tugas apa yang ingin kita fokus kerjakan. Pilih tugas yang menjadi prioritas untuk dikerjakan dan hindari multitasking karena akan mengurangi fokus dan perhatian kita terhadap apa yang kita kerjakan. Dan apabila diperlukan, susun daftar pekerjaan yang harus dilakukan agar lebih mudah untuk mengaturnya.

Atur Timer Selama 25 sampai 30 Menit untuk Fokus
Setelah memilih tugas atau aktivitas yang ingin dikerjakan, atur timer di waktu 25 sampai 30 menit dan mulai mengerjakan. Cobalah menghindari hal-hal yang memecah fokus seperti handphone, makanan, dan bahkan melihat timer dan jam sekalipun. Hal ini bertujuan agar pemahaman yang dipelajari menjadi maksimal.

Istirahat sekitar 3 sampai 5 Menit
Setelah timer berbunyi, istirahat selama tiga sampai lima menit walaupun tugas yang dikerjakan belum selesai. Menjeda kegiatan belajar sangat dibutuhkan untuk menjaga otak tetap rileks. Cobalah untuk disiplin waktu dan beristirahat tidak melebihi waktu yang sudah ditentukan. Setelah istirahat ulang kembali waktu timer belajar dan istirahat sebanyak 4 kali.

Setelah menyelesaikan tugas atau pembelajaran dengan teknik pomodoro, kita dapat berpindah ke pekerjaan lainnya yang perlu diselesaikan dengan mengaplikasikan teknik yang sama. Dengan metode ini berbagai macam pekerjaan kita dapat terselesaikan dan kita dapat meningkatkan produktivitas kita tanpa kehilangan fokus. 

Tapi perlu diingat, tidak semua orang cocok menggunakan teknik pomodoro karena setiap cara belajar orang itu berbeda-beda. Ada yang suka belajar dengan waktu yang terbagi-bagi, ada juga yang harus berkonsentrasi penuh tanpa ada gangguan dari bunyi timer. 

Selamat mencoba ya!

Sumber:

https://www.theladders.com/career-advice/pomodoro-technique-time-management

https://info.sekolah.mu/umum/lebih-fokus-belajar-dengan-metode-pomodoro

https://nationworldnews.com/6-things-you-can-do-to-apply-the-pomodoro-technique-lets-be-productive/

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-teknik-pomodoro-lebih-fokus/

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *