Seberapa Pentingnya Konstitusi Republik Indonesia Dalam Memperingati 18 Agustus 1945?

Seberapa Pentingnya Konstitusi Republik Indonesia Dalam Memperingati 18 Agustus 1945?
Siswa, tau nggak sih kalau setelah Hari Kemerdekaan, besoknya tanggal 18 Agustus diperingati sebagai Hari Konstitusi Republik Indonesia? Kamu sudah pada tau belum nih apa itu Hari Konstitusi Republik Indonesia ? Ini beberapa point pentingnya!

Konstitusi Melahirkan Identitas Sebuah Negara

Umumnya, Konstitusi itu berupa dokumen legal, kemudian ditetapkan beberapa dokumen yang bisa menjadi identitas Negara Indonesi, seperti Piagam Kelahiran Bangsa Indonesia, Cita – cita Indonesia Merdeka, Tujuan Pembentukan Pemerintahan NKRI, dan Dasar – dasar Negara Indonesia.

Konstitusi Indonesia adalah UUD 1945 

Tahu nggak sih kenapa konstitusi itu mengandung makna yang amat penting? Seperti yang telah dijelaskan diatas, konstitusi Negara Indonesia yang dimaksud adalah Undang – Undang Dasar 1945, di mana segala bentuk peraturan yang berlaku di Negara ini harus berlandaskan pada UUD 1945.

Awal Mula Konstitusi Indonesia (Pembukaan UUD 1945)

Pada sejarahnya, 18 Agustus 1945, UUD 1945 berhasil disahkan sebagai konstitusi melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Isi UUD 1945 dirancang sejak 29 Mei 1945 sampai 16 Juni 1945 oleh Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), kemudian disahkan oleh PPKI. Nah, kamu tahu nggak nih tokoh – tokoh yang terlibat dalam perumusan isi UUD 1945? Banyak banget lho! 
  1. Dr. Rajiman Widiodiningrat
  2. Ki Bagus Hadikoesoemo
  3. Otto Iskandardinata
  4. Pangeran Purboyo
  5. Pangeran Soerjohamidjojo
  6. Soetarjo Kartohamidjojo
  7. Prop. Dr. Mr. Soepomo
  8. Abdul Kadir
  9. Drs. Yap Tjwan Bing
  10. Dr. Mohammad Amir
  11. Mr. Abdul Abbas
  12. Dr. Ratulangi
  13. Andi Pangerang
  14. Mr. Latuharhary
  15. Mr. Pudja
  16. AH. Hamidan
  17. R.P. Soeroso
  18. Abdul Wachid Hasyim
  19. Mr. Mohammad Hasan.
Bangsa Indonesia telah menjalani empat macam konstitusi, yakni UUD 1945, Konstitusi RIS, UUD Sementara, dan UUD 1945 yang diamandemen. Konstitusi yang berlaku pada saat ini adalah UUD 1945 (telah diamandemen). Tetapi, ada satu yang tidak berubah, yaitu bagian Pembukaan atau Mukadimah. Pembukaan menjadi sangat penting, sehingga tidak mengalami perubahan – perubahan, di dalamnya terdapat dasar Negara (Pancasila) dan tujuan dari Negara kita.

Sekarang ini, banyak hal tentang penyelenggaraan Negara yang diatur dalam UUD 1945 yang sekarang memuat 37 Pasal Utama dengan pasal lain sebagai beralihan dan tambahannya. Jadi, jangan sampai lupa ya, kalau Konstitusi Republik Indonesia adalah UUD 1945 (Amandemen). 

Pak Sis mau mengucapkan Selamat Hari Konstitusi Republik Indonesia 18 Agustus 1945! Yuk kita belajar jadi Warga Negara Indonesia yang mematuhi hukum yang ada di Undang – Undang Negara Republik Indonesia!

  Referensi;
https://bappeda.malangkota.go.id/web/hari-konstitusi-republik-indonesia/ 
https://tirto.id/sejarah-hari-konstitusi-indonesia-18-agustus-usai-kemerdekaan-ri-giA1
http://rsprespira.jogjaprov.go.id/selamat-hari-konstitusi-republik-indonesia/
https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-hari-konstitusi-republik-indonesia-18-agustus-1945-1wLxb0w8Evp/4
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *