Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Diberhentikan, Benarkah?

Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Diberhentikan, Benarkah?
Bantuan Kuota Internet Kemendikbud adalah bantuan yang diberikan oleh Kemendikbud kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen berupa kuota data internet seluler dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi.

Semua yang menerima bantuan kuota pada bulan November – Desember 2020 dan nomornya aktif akan otomatis menerima bantuan kuota. Bantuan disalurkan pada tanggal 11 – 15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Tapi, aman gak ya data nomor seluler kita selama disimpan dalam program ini?
Aman kok! Kenapa? Karena program ini telah menerapkan sistem perlindungan data sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Penghimpunan data yang dilakukan hanya melalui sistem resmi Kemendikbud juga merupakan salah satu upaya dalam perlindungan data pribadi penerima bantuan.

Nah,  terus berdasarkan sumber berita, katanya bantuan kuota ini akan diberhentikan. Benarkah? Kita cek faktanya yuk!

Menurut berita yang dilansir oleh Detik.com, program bantuan kuota belajar ini hanya diberhentikan pemerintah sampai Mei 2021. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie, belum ada skenario atau informasi lanjutan mengenai bantuan kuota data internet. 

Penyaluran program ini dibulan Mei 2021 aktif hingga pertengahan Juni 2021. Apabila skema program ini tidak berlanjut, sekolah bisa menggunakan dana BOS bila diperlukan menurut Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie. 

Nah, berdasarkan berita tadi, belum ada kepastian ya apakah kuota dari Kemendikbud akan diberhentikan atau tidak. Kesimpulannya, apabila memang diberhentikan dan siswa masih membutuhkan, sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Tetap semangat dan jaga kesehatan ya! Mudah – mudahan pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa kembali bersekolah seperti biasa tanpa merasakan khawatir yang berlebihan.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *