4 Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Guru selama MPLS Daring

4 Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Guru selama MPLS Daring
Sudah pernah dengar istilah MPLS belum? Atau malah terdengar asing di kuping kalian? Buat yang belum tau, MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang sebelumnya disingkat MOS (Masa Orientasi Sekolah). Penggantian istilah ini didasarkan oleh Permendikbud No. 18 Tahun 2016. Tapi kenapa diganti ya?

Sebelum disingkat menjadi MPLS, singkatan MOS yang lebih familiar ini juga diganti menjadi MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru). Penggantian ini tidak hanya sekedar istilah, namun juga mengganti konsep dan penerapannya. Intinya adalah harus “mengenalkan”, tidak boleh berlebihan dan tidak boleh ada unsur senioritas dalam setiap tingkat sekolahnya.

Lalu, apa saja ya hal yang perlu diperhatikan khususnya oleh guru selama masa pengenalan ini? Apalagi dilakukan secara daring, nggak ketemu langsung.

Simak informasinya berikut ini ya

1. Menyelenggarakan Kegiatan yang Bermanfaat

Guru harus memberikan kegiatan yang bermanfaat untuk siswa kedepannya, baik itu bersifat akademis maupun non akademis. Guru bisa memberikan kegiatan – kegiatan yang memiliki makna secara personal kepada siswa – siswanya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menyelenggarakan kegiatan memasak bersama di pagi hari.

2. Melakukan Kegiatan yang Bersifat Edukatif

Selain kegiatan yang bermanfaat, tentunya guru harus memberikan kegiatan yang edukatif, yaitu memberikan pengetahuan, pengajaran, dan pemahaman. Dalam hal ini, guru bisa memberikan pengajaran – pengajaran layaknya di sekolah, tetapi dengan penyampaian yang menyenangkan, salah satunya melalui permainan.

3. Memberikan Kegiatan yang Kreatif

Guru harus memberikan kegiatan yang kreatif, yang beda dari yang lain. Tujuannya apa? Agar siswa dan juga guru tidak merasa bosan dalam melaksanakan MPLS secara daring. Misalnya, mengajak siswa untuk virtual tour ke sekolahnya. Dengan mengadakan virtual tour, mereka dapat menjelajahi sekolah secara mendalam. Hal ini bisa mengurangi rasa bosan siswa dan merupakan hal yang kreatif lho.

4. Pastikan Tidak Ada Kegiatan yang Negatif

Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara tegas sudah dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan – kegiatan yang negatif ya, seperti perploncoan, bullying, ataupun kegiatan negatif lainnya. Guru dan siswa harus sama – sama enjoy dalam masa pengenalan ini. Apalagi dalam masa pandemi ini, tidak boleh ada yang mempersulit keadaan ya!

Nah itu tadi hal – hal yang harus diperhatikan guru selama MPLS Daring. Selamat menjalankan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk siswa – siswa peserta didik baru, dan semangat untuk para pendidik serta para panitia yang bertugas ya! Dalam masa pandemi ini, kita harus sama – sama saling menguatkan!
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *