4 Macam Tipe Seseorang dalam Belajar

4 Macam Tipe Seseorang dalam Belajar
Kecenderungan spesifik yang digunakan seseorang dalam menangkap atau menyerap, memproses, dan menyimpan informasi tertentu merupakan tipe belajar yang digunakan seseorang. Penggolongan tipe belajar yang paling populer adalah penggolongan VARK.

Model VARK ini mengidentifikasi empat tipe belajar, yaitu Visual, Auditori, Read/Write (Membaca/menulis), dan Kinestetik. Model VARK ini berhubungan dengan bagaimana panca indera menyerap informasi dan pelajaran yang diberikan. Daya serap informasi yang dimiliki seseorang memiliki tingkatan dan cara yang berbeda-beda, tergantung dengan sensitivitas pada panca inderanya. 

Perbedaan tipe belajar itu juga dapat mempengaruhi prestasi yang didapat oleh seseorang. Dari perbedaan-perbedaan, dapat memberikan informasi tipe belajar seperti apa yang efektif untuk digunakan. 

Berikut tipe-tipe belajar yang perlu diketahui. 

Visual
Tipe belajar ini berfokus pada seseorang yang lebih mudah untuk memahami sesuatu lewat gambar, simbol, logo, dan lain-lain. Biasanya orang yang mempunyai tipe belajar secara visual mempunyai pengamatan yang tajam. Tipe belajar ini cocok untuk orang-orang yang lebih mudah mengingat lewat penglihatan, tidak terganggu dengan suara ribut saat belajar, dan tertarik pada seni lukis dibandingkan musik. 

Auditori
Berbeda dengan Visual, tipe belajar ini lebih dominan ke suara dibandingkan dengan tulisan. Orang yang mempunyai tipe auditori biasanya lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan lewat pendengarannya dibandingkan lewat tulisan. Auditori cocok untuk orang-orang yang sering berbicara kepada diri sendiri saat bekerja, mudah terganggu keributan, dan lebih suka untuk berbicara dan menjelaskan sesuatu.

Read/Write (Membaca/menulis)
Orang yang mempunyai tipe belajar membaca atau menulis lebih mudah menyerap informasi lewat membaca atau menuliskannya. Tipe belajar ini mirip dengan tipe visual, namun  tipe ini tidak perlu menjelaskan apa yang dipelajarinya lewat bagan atau presentasi. Tipe ini cocok untuk orang-orang yang lebih senang membaca artikel atau buku dan mencari kata-kata lewat kamus. 

Kinestetik
Tipe belajar ini merupakan sebuah tipe belajar dimana seseorang harus mengalami atau merasakan sendiri apa yang dipelajari. Tipe ini cocok bagi orang-orang yang belajar melalui gerakan atau praktik, suka melakukan eksperimen, menyukai aktivitas yang menggerakkan tubuh, dan sering berjalan-jalan ketika sedang menghafal.

Setiap orang memiliki tipe belajar yang berbeda dan bahkan tidak jarang orang-orang yang mempunyai tipe belajar yang merupakan kombinasi dari tipe-tipe belajar yang ada. Dengan mengetahui tipe belajar seperti apa, kita dapat meningkatkan kemampuan akademis dan banyak keterampilan yang dapat dipelajari. 

Sumber

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5611827/4-tipe-gaya-belajar-kamu-termasuk-yang-seperti-apa

https://disdikkbb.org/news/memahami-tipe-belajar-siswa/

https://www.sehatq.com/artikel/tipe-gaya-belajar-anak-orangtua-wajib-tahu

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *