Apa Bedanya Pendidikan Akademik, Vokasi, dan Profesi?

Apa Bedanya Pendidikan Akademik, Vokasi, dan Profesi?
Siapa di sini yang nggak sabar pengen kuliah? Eits, sabar dulu ya, udah pada tahu belum apa saja pendidikan tinggi di Indonesia? Nah, ternyata pendidikan tinggi itu bukan sekedar kuliah biasa aja lho. Ada istilah – istilah lainnya lagi yang berhubungan dengan pendidikan kamu nanti setelah lulus SMA/SMK/Sederajat.

Sebelum kamu bingung ingin kuliah jurusan apa dan di mana, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum merencanakan perkuliahan. Berdasarkan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan tinggi di Indonesia terbagi kedalam tiga jenis pendidikan, sudah tahu? 

Simak penjabarannya di bawah ini yuk!

Pendidikan Akademik
Merupakan sistem pendidikan yang mengarah pada seni, teknologi, dan penguasaan serta pengembangan disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Pada pendidikan ini, kamu akan mendapatkan teori lebih banyak dibandingkan praktik. Ketika lulus dari pendidikan akademik, kamu akan mendapatkan gelar sarjana diikuti dengan bidang ilmu yang kamu pilih. 

Pendidikan Vokasi
Adalah pendidikan yang mengutamakan keahlian tertentu. Jenjang pendidikannya meliputi Diploma 1 (D1)/Ahli Pratama, Diploma 2 (D2)/Ahli Muda, Diploma 3/Ahli Madya,  dan Diploma 4 (D4)/Sarjana Terapan. Apabila diperbandingkan antara pendidikan vokasi atau pendidikan akademik, perbandingannya adalah 60:40. Artinya, pada pendidikan ini praktik akan lebih didapatkan dibandingkan teori (Akademik).

Pendidikan Profesi 
Berbeda dengan pendidikan akademik dan vokasi, pendidikan profesi bisa dilakukan ketika kamu sudah mendapat gelar Sarjana (S1). Pendidikan profesi dipersiapkan untuk peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan gelar profesi atau keahlian tertentu. Selain itu, gelar profesi ini diatur oleh perguruan tinggi dan organisasi profesi sesuai persyaratan yang berlaku.

Nah itu tadi tiga pendidikan tinggi yang ada di Indonesia, sebelum kamu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi (Perkuliahan) alangkah baiknya kamu mempelajari tiga pendidikan tinggi yang sudah dijabarkan tadi oleh Pak Sis. 

Semoga bermanfaat dan semangat buat kamu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ya! 

Referensi : 

  https://www.unpi-cianjur.ac.id/berita-7204-mengenal-perbedaan-pendidikan-akademik–vokasi-dan-profesi

  https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/26/14294271/infografik-mengenal-perbedaan-pendidikan-akademik-vokasi-dan-profesi?page=all

  https://syntax.co.id/perbedaan-pendidikan-akademik-vokasi-dan-profesi/

  https://edukasi.okezone.com/read/2021/05/20/65/2412846/cek-perbedaan-pendidikan-akademik-vokasi-dan-profesi  
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *