Inilah Nama Seleksi Masuk PTN dari Masa ke Masa

Inilah Nama Seleksi Masuk PTN dari Masa ke Masa
Sejak dulu, seleksi untuk bisa masuk PTN ada beberapa jalur. Hampir mirip dengan sekarang, hanya beda nama istilah saja. SNMPTN, PMDK, SBMPTN merupakan istilah – istilah yang saat ini kita kenal untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Lantas, bagaimana dengan istilah jalur seleksi dahulu?

Setiap tahun, tentunya jalur – jalur seleksi untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri selalu menjadi perhatian, karena topiknya pun sampai masuk media pemberitaan di televisi. Apalagi saat ini informasi sudah sangat mudah menyebar. Jadi, kita akan mudah mendapatkan informasi terkait pendaftaran, biaya kuliah, dan persyaratan yang terdapat pada PTN terkait.

Berikut istilah – istilah seleksi masuk perguruan tinggi negeri dari tahun ke tahun:

SKALU (1976)
Kepanjangan dari Sekretariat Kerja Sama Antar Lima Universitas. Jalur ini merupakan jalur pertama kali untuk bisa masuk kampus impian dan digelar secara serentak. Singkatan dari Lima Universitas, SKALU beranggotakan lima perguruan tinggi negeri di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Airlangga.

SKASU (1979)
Hampir sama dengan SKALU, perbedaannya hanyalah ada pertambahan perguruan tinggi negeri sebanyak lima universitas dan namanya pun berubah menjadi Sekretariat Kerja Sama Antar Sepuluh Universitas. Kelima universitas yang akan bergabung adalah Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

SIPENMARU (1983)
Akronim dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ini menggabungkan seleksi ujian masuk perintis. Metode yang digunakan untuk menyaring calon mahasiswa melalui Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Calon mahasiswa memiliki lima pilihan studi dalam seleksi penerimaannya dan terdapat dua pilihan untuk jurusan IPA, dua pilihan untuk jurusan IPS/Bahasa.

UMPTN (1989)
Singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di jalur ini, mulai dikenalkan seleksi berdasarkan kelompok ujian yang terdiri dari tiga, yaitu IPA, IPS, dan IPC (Campuran). Sistem PMDK yang sebelumnya ada dihapuskan dihampir seluruh PTN. Jalur UMPTN ini sepertinya lebih familiar didengar di angkatan orangtua kita, nih!

SPMB (2001)
UMPTN digantikan oleh SPMB yang merupakan singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Dalam seleksi ini, hampir semua mekanisme pelaksanaan mulai dari pendaftaran sampai jenis soal sama dengan UMPTN. Bedanya, seleksi ini tidak diselenggarakan oleh pemerintah, melainkan oleh badan independen bernama SPMB.

SNMPTN (2011)
Istilah SPMB berganti menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri (SNMPTN) pada tahun 2008 dan pendaftarannya masih menggunakan kertas. Kemudian, pada tahun 2009, pendaftaran beralih ke sistem online. Pada SNMPTN tahun ini, terdapat dua jalur, yakni jalur undangan dan jalur ujian tulis.

SBMPTN (2013 – Sekarang)
Tidak jauh beda dengan tahun sebelum – sebelumnya, hanya saja jalur yang diterapkan pada seleksi ini melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan dan pendaftarannya bersifat online. Tahun 2016, SBMPTN resmi dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Itu tadi beberapa istilah yang pernah digunakan pada jalur penerimaan mahasiswa baru. Ternyata, nama seleksi PTN dari masa ke masa memiliki sejarah yang panjang dan pergantian yang banyak. Semoga kamu bisa melewati seleksi ini dan diterima di kampus impian kamu ya!

Referensi:

https://www.zenius.net/blog/sbmptn-umptn-dan-sejarah-seleksi ptn#:~:text=Di%20zamanku%20dulu%2C%20istilah%20UTBK,Mandiri%20untuk%20masuk%20ke%20PTN.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/09/16425551/ingat-sipenmaru-dan-umptn-ini-istilah-tes-masuk-ptn-dari-masa-ke-masa?page=all

https://hai.grid.id/read/071781919/deretan-istilah-yang-pernah-digunakan-tes-masuk-ptn-dari-masa-ke-masa-dari-skalu-sipenmaru-sampai-sbmptn?page=all

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *