Gunakan Cara Ini Untuk Berlindung dari Kekerasan Seksual di Sekolah

Gunakan Cara Ini Untuk Berlindung dari Kekerasan Seksual di Sekolah
 Apapun bentuknya, kekerasan di sekolah tetap mengganggu proses belajar. Selain mengganggu, kekerasan di sekolah juga bisa menumbuhkan rasa takut pada siswa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim pernah menyampaikan bahwa dunia pendidikan di Indonesia masih dibayangi dengan intoleransi, perundungan dan kekerasan seksual.

Kekerasan seksual di sekolah dapat terjadi dalam bentuk fisik, verbal, hingga virtual. Kekerasan ini tidak hanya terjadi pada perempuan, laki – laki juga bisa menjadi korban. Duh, serem banget ya.

Lalu, bagaimana langkah yang harus diambil untuk melindungi diri dari kekerasan seksual di sekolah? Pak Sis mau kasih langkah – langkahnya di bawah ini. Semoga bermanfaat ya!

Pahami Bagian Tubuh yang Termasuk Privasi
Dari SD, siswa sudah harus bisa belajar pendidikan seksual, karena dari disinilah mereka akan paham mengenai area – area tubuh mana saja yang termasuk privasi. Kemudian, area – area tubuh tersebut tidak boleh disentuh dan tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Berani Melawan Kekerasan Seksual
Melaporkan kekerasan seksual merupakan salah satu cara untuk melawan. Dengan melapor, tentunya akan memberikan efek jera kepada pelakunya. Jika mengalami kekerasan seksual, segera berteriak dan laporkan kepada orang tua serta guru.

Menjauhi Lingkungan Pergaulan yang Kurang Baik
Berteman memang boleh dengan siapa saja, tapi, di zaman seperti ini, kita harus lebih memilih lagi, siapa saja yang memang harus kita jadikan teman. Kamu harus menjauhi lingkungan pergaulan yang kurang baik, seperti ajakan melakukan tindakan – tindakan asusila (menonton video pornografi, menyentuh area privasi seseorang, dan melecehkan seseorang secara visual).

Itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kekerasan seksual. Seharusnya, lingkungan sekolah bisa menjadi tempat yang aman, nyaman, dan seru untuk para siswa dan juga guru, dengan begitu belajar pun akan merasa nyaman.

Kekerasan seksual di sekolah dapat dicegah dan diatasi jika anak, pihak sekolah, dan orangtua saling bekerja sama. Kerja sama diantara mereka bisa dilakukan dengan caranya masing – masing.

Jadi, kalau ada salah satu dari kamu yang pernah merasakan, kamu bisa melakukan perlawanan dengan cara melaporkan kepada pihak kepolisian dan kamu harus pintar memilih seseorang atau beberapa orang untuk dijadikan teman.

Referensi:
https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-kekerasan-di-sekolah-yang-perlu-diketahui-orangtua

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/melindungi-diri-dari-kekerasan-seksual-di-sekolah/

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/07/160500271/siswa-perhatikan-3-cara-lindungi-dari-kekerasan-seksual-di-sekolah?page=all

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *