Apa itu Masyarakat Adat? Pelajari Lebih Lengkap Yuk!

Apa itu Masyarakat Adat? Pelajari Lebih Lengkap Yuk!
Buat yang belum tau mengenai maasyarakat adat, sini Pak Sis kasih tau! Masyarakat Adat merupakan sekelompok orang yang hidup secara turun temurun di satu wilayah tertentu dan memiliki asal usul leluhur serta kesamaan tempat tinggal. Selain itu, mereka juga memiliki hubungan yang kuat nih dengan lingkungan hidup mereka. Hukum adat dan sistem nilai mereka juga bisa menentukan pranata ekonomi, politik, sosial, budaya dan hukum. 

Kamu udah tau belum nih kalo setiap tanggal 9 Agustus itu diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat Internasional? Artinya hari tersebut dilaksanakan di semua negara yang ada di dunia. Hari tersebut ditetapkan melalui Sidang Umum Perserikatan Bangsa – Bangsa mengadopsi Deklarasi Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) tentang Hak – Hak Masyarakat Adat (The United Nations Declaration on the Rights of Indigenous Peoples) pada 13 September 2007.

Dalam Piagam PBB, Deklarasi Universal HAM, dan perangkat hukum internasional tentang HAM ditulis bahwa masyarakat adat berhak untuk menikmati secara penuh segala macam hak asasi dan kebebasan mendasar. Mereka juga memiliki hak untuk terbebas dari segala macam jenis diskriminasi, hak melakukan identifikasi diri, serta memiliki kebebasan atas hak sipil dan politik serta ekonomi, sosial, dan budaya. 

Dalam Pasal 18B ayat (20) Undang – Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa negara mengakui dan menghormati kesatuan – kesatuan masyarakat hukum adat serta hak – hak tradisionalnya sepanjang hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip NKRI yang diatur dalam undang – undang.

Kemudian pada tahun 2021, PBB mengusung tema “Leaving No One Behind: Indigenous peoples and the call for a new social contract” atau Leaving No One Behind: Masyarakat Adat dan seruan untuk kontrak sosial baru. Tema tersebut diusung dikarenakan alasan pandemi Covid-19 telah meningkatkan ketidaksetaraan dan mendorong untuk berdiskusi tentang kebutuhan mendesak dengan memikirkan kembali kontrak sosial baru. 

Di banyak negara, ternyata masih banyak masyarakat adat diusir dari tanah mereka sendiri, lho. Duh sedih banget kalau melihat saudara sebangsa kita mengalami hal ini. Bukan hanya itu aja, budaya dan bahasa mereka juga direndahkan, serta mereka terpinggirkan dari kegiatan politik dan ekonomi. Masyarakat Adat tidak pernah dimasukkan dalam kontrak sosial sejak awal.

Melihat masih banyaknya diskriminasi yang terjadi, pemerintah pun kemudian membuat Deklarasi Hak Masyarakat Adat. Seperti apa ya isi Deklarasi Hak Masyarakat Adat yang dibuat oleh pemerintah?

Deklarasi Hak Masyarakat Adat merupakan pernyataan komprehensif yang membahas hak – hak masyarakat adat. Deklarasi tersebut menekankan pada hak – hak masyarakat adat untuk memelihara dan memperkuat lembaga, budaya, dan tradisi mereka sendiri untuk mengejar perkembangan mereka sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi mereka sendiri.

Lalu, apa saja hak masyarakat adat yang ditulis dalam Deklarasi? Hak yang dijamin dalam deklarasi ini adalah hak individu dan kolektif, hak budaya dan identitas, hak atas pendidikan, kesehatan, pekerjaan, serta bahasa. Tentunya dengan membuat deklarasi ini, pemerintah berharap tidak ada lagi diskriminasi yang terjadi. 

Selamat Hari Masyarakat Adat Internasional ya!

Referensi:
https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2016/8/13/137/hari-internasional-masyarakat-adat-se-dunia.html
https://tirto.id/tema-hari-internasional-masyarakat-adat-sedunia-2021-acara-pbb-gim6
https://bem.unej.ac.id/deklarsi-masyarakat-adat-internasional/
https://halopacitan.com/read/hari-masyarakat-adat-internasional-pbb-serukan-kontrak-sosial-baru
https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/RJ2-20171106-094054-7086.pdf
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *