Wajib Catat! 5 Hal Sebelum Mengikuti UTBK-SBMPTN 2021

Wajib Catat! 5 Hal Sebelum Mengikuti UTBK-SBMPTN 2021
Ujian Tulis Berbasis Komputer atau disingkat UTBK merupakan tes untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilaksanakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yaitu satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Sejak 2019, tes UTBK menjadi syarat wajib kalau kamu ingin mengikuti SBMPTN atau jalur mandiri untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. 

Tentunya, pelaksanaan tes UTBK ini bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang dapat mengerjakan soal ujian dengan baik, cepat atau tepat waktu.


Wajib kamu ketahui juga kalau UTBK tidak diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN. UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021, dari Pendidikan Menengah (SMA/SMK, dan sederajat), serta lulusan paket C tahun 2019, 2020, dan tahun 2021. Tes UTBK – SBMPTN 2021 ini merupakan kesempatan kedua bagi para calon mahasiswa yang belum lulus di jalur SNMPTN kemarin. Nah, sebelum mengikuti tesnya yang akan diadakan pada tanggal 12 sampai 18 April ini, yuk simak 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum mengikuti tes UTBK nanti!


1.Nilai Aman untuk Lulus UTBK – SBMPTN 2021

Setiap ujian pasti memiliki perhitungan ujian yang berbeda-beda, begitu juga dengan nilai yang harus kamu dapat agar lulus mengikuti sebuah tes. Mengetahui nilai aman UTBK – SBMPTN 2021 sangatlah penting agar potensi untuk memasuki PTN favoritmu semakin besar. Nilai aman yang harus kamu dapatkan adalah 655 ke atas. Jika dibuat rentang, capailah
range nilai antara 650-700 untuk lulus ujian SBMPTN. Ingat, setiap PTN dan jurusannya masing-masing memiliki range nilai kelulusan yang berbeda-beda, jadi, jangan sampai salah pilih ya! 

2. Daya Tampung SBMPTN 2021

Ujian SBMPTN bukan hanya berbicara tentang nilai dan strategi belajar, tapi kamu juga harus mengetahui daya tampung jurusan atau prodi di masing-masing PTN. Dengan mengetahui daya tampung, kamu bisa memperkirakan seberapa besar sih peluang untuk bisa lulus masuk ke prodi tersebut. Salah satunya adalah jurusan Ilmu Hukum di UI (Universitas Indonesia) yang memiliki daya tampung sebesar 90 kursi. Sedangkan untuk jurusan Saintek, Pendidikan Dokter memiliki daya tampung terbanyak sebesar 54 kursi. 


3. Jadwal Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021 

Selain nilai dan juga daya tampung, hal berikutnya yang tidak kalah penting yaitu jadwal pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021, meliputi tanggal, jam, dan juga lokasi. Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021 terbagi menjadi 2 gelombang, pertama dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021, sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021. Jangan lupa juga untuk cek lokasi pelaksanaan tes UTBK biar kamu
nggak salah tempat ya!

4. Materi dan Jenis Soal UTBK – SBMPTN 2021

Mungkin kamu sudah sering mendengar yang namanya TKA (Tes Kompetensi Akademik). Namun, khusus tes UTBK 2021 ini, kamu akan menghadapi jenis tes TPS atau singkatan dari Tes Potensi Skolastik. Perbedaan kedua jenis soal ini yaitu terletak pada tujuannya, di mana untuk soal TKA bertujuan untuk mengukur pemahaman calon mahasiswa terhadap materi yang diajarkan sewaktu sekolah, sedangkan untuk soal TPS bertujuan mengukur potensi seseorang untuk masuk ke Perguruan Tinggi. 


5. Peraturan Tata Tertib Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah peraturan tata tertib pada saat pelaksanaan ujian, mulai dari aturan berpakaian, dokumen yang harus dibawa, hingga aturan protokol kesehatan. Kebayang nggak sih udah belajar mati-matian tapi di hari ujian malah salah kostum? Pastinya, kamu nggak mau kalau sampai hal itu terjadi. Pada saat pelaksanaan tes UTBK tahun ini, peserta wajib menggunakan pakaian berkerah dan membawa kartu peserta SBMPTN yang tidak dilaminating. Peserta juga diwajibkan menggunakan masker dan sedang dalam kondisi yang sehat. 


Itu dia 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti test UTBK – SBMPTN 2021. Setelah membaca informasi ini, kita tahu bahwa strategi saat mengikuti ujian memang sangat diperlukan ya! Pentingnya untuk survei informasi PTN terlebih dahulu seperti daya tampung dan nilai yang diperlukan membuat kita dapat melihat besarnya potensi untuk bisa lulus. Semangat untuk kamu yang saat ini sedang berjuang, semoga kamu berhasil masuk ke PTN impian ya!  


ILUSTRASI Gambar Jangan Menyerah! Masih ada seleksi UTBK-SBMPTN 2021, simak cara daftarnya ini. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *