Tertarik untuk Menjadi Atlet Nasional? Kamu Bisa Daftar di Sekolah Ini!

Tertarik untuk Menjadi Atlet Nasional? Kamu Bisa Daftar di Sekolah Ini!
Atlet adalah sebuah profesi yang menekuni dan berkompetisi pada satu atau lebih bidang olahraga. Atlet juga dapat dikatakan sebagai olahragawan. Untuk menjadi seorang atlet tidaklah mudah, karena harus memiliki kekuatan, ketangguhan, atau kecepatan fisik dalam satu atau lebih bidang olahraga yang ditekuni. Di sini ada nggak nih yang mau jadi atlet? 

Nah, untuk mencetak prestasi putra – putri bangsa dalam bidang olahraga, pemerintah Indonesia sangat memperhatikan dengan serius, dibuktikan dengan adanya beberapa sekolah khusus olahraga yang ada di Indonesia dengan upaya menciptakan atlet terbaik dari tingkat daerah hingga internasional.

Tertarik nggak nih buat kembangin bakat kamu dibidang olahraga dan menjadi atlet? Tenang, Pak Sis kasih tau nih sekolah – sekolah khusus olahraga yang ada di Indonesia. Check This Out!

1. SKO Ragunan
Sumber gambar: IDN Times
Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang terletak di Jalan Komplek GOR Ragunan ini telah mencetak beberapa pemain Tim Nasional Indonesia lho, diantaranya Ramdani Lestaluhu, Egi Maulana Vikry, Kurnia Mega, dan Andrittany Ardhyasa. Tingkat pendidikan pada SKO Ragunan ini adalah tingkat menengah pertama dan menengah atas. Buat kamu yang punya hobi sepak bola, bisa banget nih bakatnya disalurin ke sekolah ini!

2. SKO Difabel Solo
https://solo.tribunnews.com/
Sekolah Khusus Olahraga ini khusus untuk penyandang disabilitas. Sekolah ini diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Bapak Imam Nahrawi pada tahun 2018. Untuk kegiatan pelajaran umum, siswa – siswi disini bisa menempuhnya di sekolah negeri Kota Solo. Terdapat empat cabang olahraga yang ada disini, yakni Atletik, Renang, Tenis Meja, dan Bulu Tangkis. Bangga dan seneng banget ya ada sekolah khusus olahraga untuk kaum penyandang disabilitas! Semua warga Indonesia jadi punya tempat untuk menyalurkan bakatnya. 

3. Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah (Diklat Salatiga)
Sumber Ilustrasi: Panditfootball.com
Pusat pendidikan dan Latihan pelajar Jawa Tengah ini dulunya bernama Diklat Salatiga. Ada salah satu atlet yang terkenal lulusan sekolah ini lho, yaitu Bambang Pamungkas. Striker jempolan ini tercatat sebagai legenda hidup Persija Jakarta. Sekolah ini setingkat dengan Sekolah Menengah Atas dan memiliki sistem yang ketat, lho. Apabila ada siswa yang tidak mampu menunjukkan prestasi, maka akan dikeluarkan dari sekolah (Sistem Degradasi).

4. Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua
Sumber Gambar: AntaraNews
Wilayah Timur di Indonesia ini juga memiliki sekolah atlet lho, tepatnya di Papua. Tingkat dan sistem pada sekolah ini sama dengan PPLP Jawa Tengah, yaitu seperti Sekolah Menengah Atas dan menerapkan sistem degradasi, dimana prestasi menjadi faktor yang paling diperhatikan untuk siswa di sekolah ini.

Perlu kamu ketahui, sekolah – sekolah yang dipaparkan Pak Sis di atas bukanlah Sekolah Kedinasan ya. Tidak ada ikatan dinas setelah lulus sekolah. Namun, ada peluang besar untuk jadi atlet nasional!

Jadi, gimana? Kalian tertarik untuk sekolah dibidang olahraga nggak nih? Kesempatan dalam meraih prestasi dibidang olahraga menjadi lebih besar kalau kamu belajar di sekolah-sekolah ini, lho! 

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *