Sudah Tahukah Asal Mula Hari Batik Nasional?

Sudah Tahukah Asal Mula Hari Batik Nasional?
Sudah Tahukah Asal Mula Hari Batik Nasional?

Setiap tanggal 2 Oktober, dinobatkan sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan hari batik telah dilakukan sejak tahun 2009. Batik juga telah memperoleh pengakuan budaya dari negara laiin, dan diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Selain menjadi budaya bangsa, batik juga merupakan suatu identitas dan jati diri tanah air. Batik membentuk karakter bangsa Indonesia yang kita dengan bangsa lain. Coba, apakah ada dari negara lain yang memiliki kain batik selain Indonesia? 😄

Tapi, Siswa udah tau belum nih, bagaimana awalnya batik bisa menjadi ada hari peringatannya sendiri? Padahal batik hanyalah bagian dari pakaian 🤔

Yuk simak informasinya dibawah ini ya, Pak Sis kasih tau nih.

Asal Nama Batik
Batik berasal dari kata “tik” yang mengumpamakan proses pembuatannya dengan menitik – nitikkan perintang malam (lilin tradisional) diatas kain mori. Masyarakat setempat menggunakan kata mbatik untuk menggambarkan proses pembuatan kain tersebut. Lambat laun, orang – orang mulai menyebut dengan nama kain batik.

Pernah Menjadi Alat Transaksi
Fakta nih, Siswa pasti tau kalau zaman dahulu itu belum ada uang, jadi transaksinya menggunakan sistem barter. Dan salah satu yang dianggap memiliki nilai pada zaman dahulu, adalah kain batik. Batik menjadi alat transaksi pengganti uang.

Batik Melambangkan Status Penggunanya
Setiap motif batik melambangkan status dari orang yang menggunakan batik tersebut. Kalau Siswa main ke keraton – keraton yang ada di Pulau Jawa, Siswa akan menemukan motif – motif yang memang diperuntukkan untuk para keluarga bangsawan. Dan rakyat – rakyat biasa juga memiliki motif yang berbeda lagi.

Batik Mulai Diperkenalkan
Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto ketika menghadiri Konferensi PBB bersama negara lainnya. Ternyata, dikonferensi tersebut, banyak kepala negara dari berbagai dunia yang menggunakan batik, Wow bangga banget ya!

Pengakuan Dunia
Pada 2 Oktober 2009, Badan Kebudayaan PBB atau UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sejak itulah setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Setelah mengetahui fakta dan sejarah tentang batik, gimana nih? Siswa jadi tau ya kenapa kita setiap tanggal 2 Oktober menggunakan batik, ternyata dibalik itu semua memang ada nilainya.

Siswa dan orang – orang yang bekerja dianjurkan menggunakan batik juga untuk menanamkan nilai nasionalisme, dengan begitu, rakyat Indonesia akan lebih mencintai produk – produk dalam negeri dan memajukan ekonomi rakyat Indonesia!

Jalan – jalan ke Kota Tegal
Pulangnya beli Angsa
Selamat Hari Batik Nasional
Yuk lestarikan budaya bangsa! ☺️🇮🇩
Referensi:

https://karirkawanlama.com/blog/knowledge-&-technology/fakta–asal-usul-hari-batik-nasional

https://www.liputan6.com/global/read/3656975/2-10-2009-pengakuan-dunia-dan-asal-usul-hari-batik-nasional

https://www.tokopedia.com/blog/sejarah-dan-fakta-batik-indonesia/

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *