Aplikasi Pendidikan di Papua, Wujud Peduli Daerah 3T

Aplikasi Pendidikan di Papua, Wujud Peduli Daerah 3T
Daerah 3T merupakan kepanjangan dari daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal. Umumnya, penggolongan daerah ini diakibatkan oleh tidak meratanya perkembangan teknologi, khususnya pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, biasanya penduduk daerah 3T tidak bisa merasakan fasilitas pendidikan yang lengkap & modern. 

Di Indonesia, hampir semua wilayah Indonesia bagian Timur, termasuk ke dalam golongan daerah 3T, salah satunya Papua. Daerah yang kaya akan sumber daya alam ini memiliki julukan ‘Bumi Cendrawasih. Nyatanya, Papua masih harus berjuang melawan ketertinggalan dalam pendidikan. Bukan hanya dalam hal teknologi, tenaga pengajar yang ada pun masih sangat minim. 

Demi mendukung pendidikan di daerah 3T, Siswamedia hadir dalam bentuk sistem dan juga aplikasi untuk memudahkan proses belajar mengajar & digitalisasi sekolah. Berada di bawah naungan Yayasan Tegar, Siswamedia bekerja sama dengan SMAK Santa Maria Tanah Merah, Papua. 

Bukan hanya memudahkan pekerjaan guru dan juga operasional sekolah, Siswamedia juga membantu proses belajar mengajar di SMAK Santa Maria Tanah Merah mengikuti perkembangan teknologi yang sudah ada. Hal ini bertujuan agar kualitas pendidikan di daerah 3T, yaitu Papua tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. 

Di tahun 2021 saat pembelajaran tatap muka sudah tidak diperbolehkan, Siswamedia mulai mengadakan sosialiasi & implementasi online untuk para guru & juga siswa di SMAK Santa Maria Tanah Merah, Papua. Salah satu guru di SMAK Santa Maria Tanah Merah, Papua yaitu Agustinus Lonis, mengatakan bahwa Siswamedia merupakan solusi pendidikan di daerah 3T. 

Hal ini disebabkan karena Siswamedia merupakan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dengan jaringan lemah, bahkan 2G sekalipun. Demi perkembangan kualitas pendidikan di daerah 3T, hal ini tentunya sangat membantu para pelaku pendidikan dapat juga merasakan serta beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Selain itu, Siswamedia juga menghadirkan Fitur Ujian Pro yang berguna untuk membuat soal menjadi lebih praktis. Dilengkapi dengan teknologi AI (Artifical Intelligence), dapat mendeteksi wajah, hingga memiliki tipe soal yang bervariasi. Dengan menggunakan Fitur Ujian Pro, para guru & sekolah dapat mengurangi penggunaan kertas. 

Kedepannya, Siswamedia  memiliki visi untuk mendukung ekosistem pendidikan menjadi lebih berkualitas lagi, khususnya menjangkau daerah-daerah 3T lainnya dengan menghadirkan fitur-fitur baru. Dengan ini, perkembangan teknologi bukan hanya dapat dinikmati oleh para pelaku pendidikan di tengah perkotaan saja, tetapi merata ke semua daerah di Indonesia.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *